StarLadder Berlin Major 2019

starladder berlin major 2019

starladder major berlin 2019

Turnamen CSGO StarLadder Berlin Major 2019 sudah di depan mata. 16 tim CSGO akan bertarung untuk memperebutkan gelar juara dengan total hadiah $ 1,000,000. Setelah 8 tim berhasil lolos dari babak kualifikasi regional, akhirnya ke 16 tim sudah berhasil ditentukan jadwal pertandingannya.

Kilas Balik Turnamen CSGO StarLadder

Berawal pada Januari 2016 yang saat itu turnamennya bernama StarLadder i-League StarSeries XIV yang diadakan di kota Minsk, Belarusia. Namun pada saat itu tim yang bertanding hanya berjumlah 8 tim saja dan saat itu sistem pertandingannya belum memakai sistem Swiss. Total hadiah pada saat itu bernilai $200,000 USD yang pada saat itu dimenangkan oleh tim Fnatic dan posisi runner up diisi oleh tim Natus Vincere.

fnatic juara StarLadder i-League StarSeries XIV
Sumber : hltv.org

Turnamen ini terus bergulir dari waktu ke waktu sampai memerlukan pihak penyelenggara yang berbeda-beda. Memasuki bulan Mei 2016, secara resmi StarLadder mengadakan turnamen kembali. Namun kali ini pihak penyelenggaranya bernama StarSeries & i-League yang waktu itu secara konsisten berjalan rutin. Tentunya dengan total hadiah yang berbeda-beda dengan tingkat total hadiah mulai dari $ 100,000 sampai dengan $ 500,000.

Turnamen yang diadakan oleh StarSeries & i-League itu akhirnya berakhir pada bulan Maret 2019. Lalu seiring berjalannya waktu, StarLadder kembali hadir menyelenggarakan turnamen namun kali ini bernama StarLadder Berlin Major 2019. Nama tersebut dipilih karena kali ini StarLadder menyiapkan total hadiah yang besar untuk sebuah turnamen CSGO yakni senilai $ 1,000,000 USD.

StarLadder Berlin Major 2019 Main Qualifier

StarLadder Berlin Major 2019 ini dibagi menjadi 4 wilayah kualifikasi. Wilayah-wilayah tersebut diantaranya adalah Americas Minor, Europe Minor, Asia Minor, dan CIS Minor. Dari keempat wilayah kualifikasi tersebut, masing-masing wilayah mengirim tim teratas di setiap wilayah tersebut untuk berlaga di ajang StarLadder Berlin Major 2019 Main Qualifier.

https://www.youtube.com/watch?v=oeb6ng3-YHg

Untuk Americas Minor terdapat 4 tim yang diisi oleh NRG, Complexity, Furia, dan INTZ. Kemudian untuk Europe Minor terdapat 5 tim yang diisi oleh North, Mousesports, G2, Vitality, dan HellRaisers. Lalu untuk Asia Minor mendapatkan tempat paling sedikit di antara wilayah lainnya yaitu hanya sebanyak 2 tim saja. Tim tersebut adalah Grayhound dan Tyloo. Dan yang terakhir dari CIS Minor mengirimkan 5 tim perwakilan untuk berlaga pada StarLadder Berlin Major 2019 Main Qualifier. Tim tersebut diantaranya adalah Cr4zy, Avangar, DreamEaters, Forze, dan Syman.

https://www.youtube.com/watch?v=tpa9R8xL5Rs

Yang mengejutkan pada babak kualifikasi ini adalah berhasilnya tim kuda hitam DreamEaters dan Cr4zy yang berhasil lolos ke turnamen Major. Bahkan tim kawakan seperti Complexity, HellRaisers, dan Tyloo harus angkat koper pada awal-awal babak kualifikasi.

https://www.youtube.com/watch?v=KMuzlnpNIuM

Tim-tim yang berhasil lolos ke turnamen StarLadder Berlin Major 2019 adalah :

  • North
  • Mousesports
  • G2
  • Cr4zy
  • NRG
  • Avangar
  • DreamEaters
  • Vitalty

https://www.youtube.com/watch?v=INB728o82uI

Tim-tim tersebut memang sudah diunggulkan dari segi materi pemain dan gaya bermainnya. Terutama untuk tim eropa seperti North, Mousesports, G2, dan Vitalty memang sudah menjadi favorit untuk lolos ke turnamen Major.

StarLadder Berlin Major 2019

Setelah berhasil lolos pada babak kualifikasi, ke 8 tim berhak berlaga pada Legends stage tahun ini. 8 tim legends sudah menunggu para penantang 8 tim yang lolos dari babak kualifikasi. Tim legends tersebut adalah Astralis, ENCE, Faze, Liquid, MiBR, Natus Vincere, NIP, dan Renegades.

Berbicara soal sistem turnamen ini, sistem turnamen yang digunakan adalah swiss round. Swiss round tersebut artinya adalah adanya kemungkinan ke 16 tim akan saling bertemu. Jadi seluruh tim punya kesempatan yang sama untuk lolos ke babak playoff. Untuk lolos ke babak playoff, diperlukan untuk memperoleh 3 kemenangan. Dan untuk tim yang belum berhasil lolos, dia harus mengalami kekalahan sebanyak 3 kali. Sistem swiss round ini dinilai adalah sistem yang sangat adil untuk turnamen CSGO.

Berikut ini kami tampilkan jadwal pertandingan pertama laga pembuka turnamen StarLadder Berlin Major 2019 :

starladder berlin major 2019
Sumber : hltv.org

Turnamen ini berlangsung mulai dari tanggal 28 Agustus 2019 sampai dengan 8 September 2019 dan tempat pertandingannya berada di Mercedes Benz Arena, Berlin. Menurut kalian, siapakah yang menjadi juara pada turnamen kali ini? Tulis prediksi kalian di kolom komentar ya!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini sampai selesai. Kami selaku penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena tanpa kehadiran kalian kami bukanlah apa-apa. Terus dukung esports Indonesia dan tetap update berita-berita seputar esports hanya di duniaesports.org